Monday 14 April 2008

7 Rahasia agar Tubuh Bugar & Sehat

Kadangkala kita merasa kurang bertenaga, loyo, dan mudah lelah. Ini adalah indikasi bahwa tubuh kita sedang tidak bugar. Jangan biarkan hal ini berkepanjangan karena akan menjadi sumber kemungkinan munculnya penyakit. Solusinya adalah lakukan 7 Rahasia berikut ini secara bertahap dan terus menerus:

1. Bergeraklah

Poin pertama yang mesti Anda ingat dan lakukan adalah bergerak. Lakukan gerakan yang intens selama kurang lebih 30 menit dalam sehari. Gerakan seperti apa? Anda bisa melakukan gerakan apapun. Anda, misalnya, bisa berjalan kaki ketimbang naik lift atau eskalator. Doronglah tubuh Anda bergerak, semakin lancar darah beredar dan semakin lancar pula oksigen mengalir ke seluruh tubuh.

2. Konsumsi sayur dan buah-buahan segar

Poin kedua yang penting dalam fitness adalah gizi. Berikan gizi yang semestinya pada tubuh. Konsumsilah sayur-sayur dan buah-buahan segar setiap hari. Jika Anda mau, Anda bisa mengolah sayur dan buah-buahan dengan cara yang berbeda-beda. Misalnya, Anda bisa membuat jus. Sayur dan buah-buahan yang segar tidak hanya mencegah cikal-bakal kanker, tetapi juga menyehatkan jantung dan memberikan nutrisi yang lebih pada tubuh dan otak.

3. Banyak minum air putih

Elemen paling mendasar ketiga yang ada di dalam fitness adalah air putih. Sebagian besar tubuh manusia mengandung air. Air adalah zat paling penting dalam proses metabolisme tubuh. Kekurangan air mengakibatkan dehidrasi. Karena itu, minumlah air putih sebanyak-banyaknya. Paling baik jika Anda minum air putih sebanyak 8 gelas setiap hari. Tinggalkan minuman bersoda. Minuman bersoda atau minuman berkarbonasi membawa dampak yang buruk terhadap kesehatan paru-paru dan organ tubuh yang lain.

4. Konsumsi multivitamin

Sekarang tersedia banyak minuman multivitamin dalam bentuk tablet untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Berbagai kandungan vitamin dan mineral bermanfaat untuk membangun tulang yang lebih kuat, memaksimalkan proses metabolisme tubuh, menaikkan tegangan �energi tubuh� dan memberi makan otot. Tapi Anda mesti juga hati-hati supaya tidak salah memilih multivitamin. Lebih baik Anda pilih atau tablet multivitamin sesuai dengan anjuran dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak dikehendaki (dampak atau pengaruh buruk terhadap tubuh karena terpengaruh bahan kimia dan lain-lain).

5. Istirahat yang cukup

Terlalu banyak berolahraga atau bergerak, tetapi tidak bisa beristirahat juga tidak banyak memberi efek yang berarti terhadap tubuh. Kerja dan atau gerak mesti bisa seimbang dengan waktu untuk berproses. Karena itu, Anda mesti bisa beristirahat. Cara yang paling baik adalah tidur selama 7-8 jam setiap hari. Jika ternyata pekerjaan Anda tidak memungkinkan Anda beristirahat selama itu, manfaatkan waktu secara maksimal. Anda, misalnya, bisa langsung tidur setelah lelah bekerja seharian. Jangan tergoda untuk bergadang. Ingat, Anda sudah bekerja keras selama seharian. Energi Anda sudah terkuras selama bekerja. Istirahat, dalam arti tidur, adalah saat menghimpun energi dan semangat baru.

6. Kebiasaan hidup

Jangan kira bahwa kebiasaan hidup tidak mempengaruhi kebugaran tubuh Anda. Pola hidup yang tidak sehat, antara lain, tidak makan dan beristirahat tepat waktu, tidak mengkonsumsi makanan bergizi dan kaya serat, dan lain-lain secara langsung berpengaruh terhadap kesehatan dan stamina tubuh. Kebiasaan atau pola hidup berhubungan dengan cara kerja tubuh dan pikiran. Ingat, tubuh dan pikiran selalu mempunyai hubungan. Saling bergantung dan mempengaruhi. Karena itu, buatlah rencana hidup yang jelas. Apa yang akan Anda lakukan? Pilih dan rancang kebiasaan Anda sehari-hari yang Anda tahu bisa membuat hidup Anda menjadi lebih ringan dan tenang. Buatlah hidup Anda menjadi lebih hidup, baik untuk diri sendiri maupun untuk bersama.

7. Hindari stres

Penyakit bakal dengan mudah menyerang Anda jika pertahanan tubuh Anda rusak atau kacau. Pertahanan tubuh rusak atau kacau tergantung pada kondisi fisik dan pikiran. Pikiran yang baik, positif, segar, dan selalu terbuka secara langsung mempengaruhi mekanisme kerja tubuh. Tapi jika Anda stres, saraf, dan otot akan bekerja jauh lebih cepat daripada biasanya. Anda akan terus "dipaksa" untuk memberikan energi yang berlebihan. Jangan biarkan segala keruwetan hidup menyedot seluruh energi Anda sampai kering. Tenang, santai dan hadapilah segala sesuatu dengan hati yang terbuka dan pikiran yang positif.

Dengan tubuh yang bugar dan sehat maka pikiran akan menjadi jernih dan aktifitas kehidupan sehari-hari pun akan lancar dan terasa ringan untuk dikerjakan. Selamat mencoba.

source: okezone.com

3 comments:

Anonymous said...

Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!
http://www.infogue.com/
http://www.infogue.com/kesehatan/7_rahasia_agar_tubuh_bugar_sehat/

Anonymous said...

Hello. This post is likeable, and your blog is very interesting, congratulations :-). I will add in my blogroll =). If possible gives a last there on my blog, it is about the SBTVD, I hope you enjoy. The address is http://sbtvd.blogspot.com. A hug.

Unknown said...

nice..
selain dengan gaya hidup perlukah senam sebagai solusi tubuh bugar? apakah anda tahu toko baju senam jakarta? makasih..