Wednesday 30 July 2008

Srigala, Kambing dan Sayuran



Ini adalah sebuah kisah klasik, konon katanya berasal dari Rusia yang mana untuk menyelesaikannya memerlukan sedikit logika Matematika. Begini nih ceritanya...

Seekor srigala, kambing dan sayuran harus dipindahkan oleh seorang nelayan dari pulau Turana ke pulau Turini. Srigala tentu ingin memangsa kambing dan kambing pun ingin memakan sayuran. Oleh karena itu baik srigala-kambing maupun kambing-sayuran tidak boleh ditinggalkan kecuali dalam pengawasan sang nelayan. Sayangnya kapal milik nelayan tersebut hanya bisa untuk mengangkut dirinya dan salah satu dari srigala, kambing atau sayuran. Bagaimana strategi yang harus dipilih oleh sang nelayan untuk menyeberangkan srigala, kambing dan sayuran dari pulau Turana ke pulau Turini sedemikian sehingga sampai dengan selamat alias tetap utuh?

siapa yang bisa? berikan comment nya...selamat mencoba...

by Norsa

PS: ternyata yg bisa mr/mrs. anonymous, selamat. Saya quote jawabannya beliau: "pertama nelayan membawa kambing kesebearang, trus balik ambil sayur.sampai diseberang nelayan menukar kambing dengan sayur, sayur ditinggal dan kambing dibawa balik ke tempat asal.sampai di tempat asal kambing ditukar dengan srigala, dan srigala diangkut ke seberang menemui sayur.setelah itu nelayan balik ke tempat asal untuk ambil kambing".

4 comments:

Anonymous said...

pertama nelayan membawa kambing kesebearang, trus balik ambil sayur.sampai diseberang nelayan menukar kambing dengan sayur, sayur ditinggal dan kambing dibawa balik ke tempat asal.sampai di tempat asal kambing ditukar dengan srigala, dan srigala diangkut ke seberang menemui sayur.setelah itu nelayan balik ke tempat asal untuk ambil kambing.

-=aMiTa=- said...

assalamu'alaikuum..
mas saif,, deni's older brother, right? hmm,, long time no see, mas.. u're in germany now? what a lovely country , isn't it? :D mas,, i'd like to exchange my blog link,, hehehe.. i saw ur multiply but it seems that u never update it anymore, hohoho..
say my regards to ur wife and ur lovely child..

Viel Spass..
(^^)v

Noor Saif Muhammad Mussafi said...

to Mr/Mrs. Anonymous,
congratulation, your answer was right. I will move it below to the origin question. Thank you.

Noor Saif Muhammad Mussafi said...

wa'alaikumsalam

right. Thank you for visiting my blog, how could u found it? Insyaallah i will add ur link. Actually i plan to close it but still not sure. To end my comment, i wish all the best for ur next planning after graduation. Please pray me also such way I can finish my study as soon as possible. Jazakillah.