Monday 21 January 2008

Riyad-us Saliheen (bab mujahadah)

Hadits 1
Dari Anas (semoga Allah SWT meridloinya), Rasulullah SAW bersabda: "Apabila seorang hamba mendekat kepadaku (Allah) sejengkal maka Aku akan mendekatinya sehasta, jika dia mendekat kepadaku sehasta maka Aku akan mendekatinya sedepa, dan jika dia mendatangiku dengan berjalan maka Aku akan mendatanginya dengan berlari". (HR. Bukhori).
Komentar: Menunjukkan betapa Allah SWT sangat dekat dengan hambaNya bahkan melebihi kedekatan hamba kepadaNya.

Hadits 2
Dari Ibnu Abbas (semoga Allah SWT meridloinya), Rasulullah SAW bersabda: "Ada dua nikmat yang sering diremehkan kebanyakan manusia, yaitu sehat dan waktu luang". (HR. Bukhori).
Komentar: Sungguh berharganya sehat dan waktu luang bagi seorang muslim. Sehat itu tidak terkira harganya, barangkali seseorang baru akan menyadari nikmatnya sehat ketika sedang sakit. Oleh karena itu Rasulullah SAW mengingatkan kita selagi sehat hendaknya selalu ingat Allah SWT. Begitupula dengan waktu luang yang kadangkala melenakan kita. Sudah seharusnya kita memanfaatkan waktu luang kita untuk beramal sebanyak-banyaknya sebagai bekal di akherat kelak.

Hadits 3
Dari Anas (semoga Allah SWT meridloinya), Rasulullah SAW bersabda: "Seseorang yang meninggal itu diiringi tiga hal, yaitu keluarga, harta, dan amalnya. Yang dua akan pulang dan yang satu akan tetap bersamanya. Maka keluarga dan hartanya akan pulang sedangkan amalnya akan tetap bersamanya". (Muttafaqun 'alaih)
Komentar: Keluarga dan harta hanyalah perhiasan dunia, keduanya hanya merupakan kenikmatan sementara dan tidak akan menemani si mayit. Hanyalah amal yang akan membersamainya menuju akhirat. Oleh karena itu tidak ada bekal yang layak kita siapkan untuk menghadapi akhirat kecuali amal sholih tentunya.

Hadits 4
Dari Abu Sofwan (semoga Allah SWT meridloinya), Rasulullah SAW bersabda: "Sebaik-baik manusia adalah yang panjang umurnya dan baik amalnya". (HR. Tirmidzi, Hadits Hasan).
Komentar: Sungguh beruntung manusia yang dianugerahi umur panjang dan mampu memaksimalkannya dengan banyak berbuat kebaikan. Sebaliknya sungguh merugi orang yang panjang umurnya akan tetapi banyak berbuat dosa.

Source: Kitab Riyad-us Saliheen (by Yahya ibn Sharaf al-Nawawi)

No comments: