Thursday 17 January 2008

Riyad-us Saliheen (bab sabar)

Hadits 1
Dari Abu Yahya Suhaib bin Sinan (semoga Allah SWT meridloinya) berkata, Rasulullah SAW bersabda: "Sungguh menabjubkan urusan orang beriman, sesungguhnya semua urusan adalah baik baginya. Jika memperoleh kelapangan dia bersyukur, maka itu baik baginya. Dan jika ditimpa kesempitan dia bersabar, maka itu baik baginya". (HR. Muslim)
Komentar: Hadits ini mengingatkan kita sebagai muslim agar tidak lupa kepada Allah SWT di saat kaya, lapang, atau sehat, tetapi bersyukur dengan segala nikmatNya. Di lain sisi kita juga di saat miskin, sempit, ditimpa musibah atau sakit tidak diperkenankan untuk memberontak, meratap, mengomel dengan ketentuan Allah yang telah terjadi.

Hadits 2
Dari Abu Hurairah (semoga Allah SWT meridloinya), sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda: "Bukanlah pemuda yang kuat itu yang pandai berkelahi (kekar). Akan tetapi pemuda yang kuat adalah yang bisa mengendalikan hawa nafsunya di saat marah". (Muttafaqun 'alaih)
Komentar: Hadits ini mengingatkan kita sebagai pemuda yang relatif labil emosinya agar bisa menjaga nafsu dari marah, karena demikianlah pemuda kuat versi Rasulullah SAW.

Source: Kitab Riyad-us Saliheen (by Yahya ibn Sharaf al-Nawawi)

No comments: